WACANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM



MUHAMAD MAHPUDIN
Fakultas Pendidikan Bahasa Arab
Institut Studi Islam Darussalam

Pendidikan adalah upaya sengaja untuk membantu pertumbuahan dan perkembangan peserta didik. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik diusahakan agar holistik integatif baik dalam artian pribadi maupun dalam kaitannya dengan lingkungan. Dengan kata lain, pendidikan mencegah adanya reduksianisme.

Dewasa ini diperlukan adanya konseptualisasi pendidikan sesuai tuntutan keadaan. Selain dapat diamati tentang masyarakat indonesia yang berada pada transisi, juga perlu ada upaya pemahaman terhadap globalisai yang semakin nyata pengaruhnya

Menulis sesuatu yang berkenaan dengan pendidikan agama disaat banyak anggota masyarakat yang sedang mengalami degradasi moral tidaklah mudah. Pertama, apresiasi masyarakat, termasuk kaum intelektualnya kepada pendidikan agama semakin menurun. Namun penulis terlihat cukup optimis meningkatkannya tatkala melihat kehidupan keberagamaan bangsa indonesia masih sangat kuat untuk mengembalikan keluhuran moral bangsa dengan pendidikan agama, Pesantren, madrasah,  dan perguruan tinggi agama islam sedang memasuki milenium ketiga, dimana lembaga-lembaga tersebut beranjak memperbaiki berbagai kelemahan dengan memperkaya kurikulum bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.


Beberapa hal yang sering dinilai oleh para pengamat pendidikan dan dirasakan masyarakat untuk diperbaiki dalam pelaksanaan PAI ialah rendahnya kualitas guru, rendahnya kualitas buku pegangan guru dan murid, gaji guru yang rendah, lemahnya wibawa guru agama dibandingkan guru-guru mata pelajaran umum dan sejumlah kritik lain.

…..ini menguraikan perkembangan serta proses transformasi  pendidikan islam dari lembaga tradisional ke lembaga pendidikan modern. Dalam proses tersebut pemrintah cukup berperan, bukan karena tekanan politik, melainkan kuatnya inisiatip masyarakat islam untuk memperoleh dukungan.

….perubahan pendidikan islam tidak bersifat tambal sulam sesuai keinginan dan kebutuhan sementara. Perubahan tersebut merupakan upaya strategis, terencana, dan menyeluruh untuk membangun pendidikan yang relevan dan bermutu.

 Perumusan filosofi dan teori yang lengkap diperlukan untuk menyeimbangkan antara pendidikan di satu sisi dan dinamika perubahan masyarkat di sisi lainnya.

Buku terkesan lebih variatif, karena penulis berusaha mengelaborasi berbagai aspek pendidikan mulai dari landasan filosofis pendidikan islam sampai pada tataran stategi pembelajaran dalam upaya untuk …. . berbagai kelemahan dan keunggulan berbagai konsep dihadirkan oleh penulis dan menawarkan alternatif yang kiranya lebih baik dengan menyertakan argumen-argumen yang didukung data dan referensi yang panjang dan lengkap.

Pesatnya perkembangan pendidikan baik dalam lingkungan kelembagaan yang ditengarai berbagai model dan keunggulannya, maupun dalam lingkup politik dengan berbagai aturan perundangannya, kesemuanya berdalih mencari format dan alternatif yang paling tepat dalam menerapkan konsep pendidikan. Di tengah-tengah perkembangan pendidikan di Indonesia tersebut, tulisan Dr Muhaimin, M.A. ini setidaknya dapat menjadi payung pewarna dalam mengembangkan dan menerapkan pembaruan pendidikan islam di Indonesia. Selain itu dapat diakui pula, buku ini setidaknya juga memberikan makna penting akan penerapan total quality management dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan islam secara terus menerus. Buku ini terbilang sangat relevan dengan usaha-usaha meningkatkan kualitas pendidikan islam, terutama dalam era otonomi daerah dan otonomi kampus.



1.      Pengembangan pemikiran filosofis pendidikan islam
Kontroversi….tokoh…semua bicara pusing…harus jeli..kalo enggak bakal jelimet
Aliran-aliran..kelebihan dan kekurangan dihadirkan dan makna yang menurut penulis cocok atau pun tidak….tabel-tabel

2.      Pengembangan pemikiran pendidikan islam di indonesia
Filsafat dihilangkan…ditambahkan kata “indonesia
Sejarah periode perjalanan..para pelaku sejarah..corak pengembangan pendidikan islam yang sangat bervariasi pada masa sebelum indonesia merdeka.
Sejarah sistem pengajaran nasional…dikotomi….islamisasi pengetahuan  dalam pro dan kontra…problem kualitas pendidikan agama islam di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi umum ….pendidikan islam yang ada merupakan duplikasi terhadap pendidikan di negara-negara barat sekuler yang banyak mereka cela..(mereka mencerca pendidikan barat tapi juga mencuri-curi..)…menunjukkan kecenderungan-kecenderungan pola kajian pemikiran dan teori kependidikan islam di indonesia….dari sini dapat kita pahami bahwa diskursus tentang pengembangan pendidikan islam yang menjadi perhatian para pengembang dan pemikirnya, baik yang menyangkut dikotomi ilmu pengetahuan, hingga munculnya permasalahan islamisasi pengetahuan, masalah kualitas pendidikan agama islam di sekolah atau perguruan tinggi umum, upaya membangun pendidikan islam, maupun beberapa karya-karya pendidikan islam yang sebagiannya mengandung unsur pemikiran filsafat pendidikan islam, agaknya semakin memperkaya khazanah pemikiran tentang pengembangan pendidikan islam di indonesia, dan sekaligus akan lebih mendukung dan semakin mempertajam serta memperkokoh eksistensi bangunan pendidikan islam sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

Tipologi…data-data..tiap tokoh seakan didudukan diatas meja hijau dengan segala rincian pemikirannya…untuk kedepannya diperlukan paradigma baru pengembangan pendidikan islam yang tidak larut ke dalam sistem yang ada, juga perlunya karakteristik….yang cocok itu tipologi rekonstruksi sosial yang dikembangkan ke arah teosentris…

3.      Orientasi pengembangan pendidikan islam
Imtaq…pendidikan…manusia dan dua kutub…tau’iyah diniyah untuk para guru agama….beragama yang toleran: indonesia bangsa yang majemuk, soleh pribadi dan soleh sosial.  

4.      Pengembangan madrasah sebagai lembaga pendidikan islam
Madrasah ????....seputar kaum simbolik..makna subtansial..inilah yang patut disadari bahwa ketika kita memahami perbedaan antara madrasah dan non madrasah hanya menekankan dimensi simboliknya sebagaimana diuraikan oleh penulis, maka akan terjerembab pada pemahaman eksoterik….segala permasalahan struktur logis suatu madrasa, akan dikupas dalam konteks keislaman dan keindonesiaan….guru ideal merupakan proyek tiap IAIN/STAIN…hakikat masyarakat belajar yang diaplikasikan ke dalam madrasah …menjadi guru madrasah yang profesional

5.      Pengembangan guru dalam pendidikan islam
Pelatihan profesionalisme guru…..Definisi guru dan (lucu tapi nda’ papa)…transfer ilmu, bukannya internalisasi dan amaliah….guru yang ideal menurut penulis…jihad dan transformasi sosial terhadap guru pendidikan agama islam..

6.      Pengembangan perguruan tinggi agama islam
Rincian dan penjelasan mengenai Empat landasan pembukaan progam studi umum di IAIN /STAIN…….pentingnya reorientasi pengembangan kurikulum di IAIN /STAIN …..

7.      Pengembangan model pendekatan dalam pembelajaran pendidikan agama islam
Suatu pemaparan bagaimana cara pendidik memproses anak didik melalui kegiatan bimbingan, latihan dan pengajaran keagamaan, termasuk didalamnya mengarahkan , mendorong dan memberi semangat kepada anak agar taat dan mempunyai cita rasa beragama islam untuk mencapi tujuan pendidikan pada anak di TKA/ TPQ….psikologi agama (anak) …….sosial agama sebagai kendala dan strategi pembelajaran.urgensi TPQ…

Related

umum 2286993354862967984

Post a Comment

Twitter Facebook

Recent

Comments

HIJRIAH




JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat

FOLLOWERS

Contact Us

Name

Email *

Message *

item