WACANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
https://darurrahmahsciences.blogspot.com/2013/05/wacana-pengembangan-pendidikan-islam.html
MUHAMAD
MAHPUDIN
Fakultas Pendidikan Bahasa Arab
Institut Studi Islam Darussalam
Institut Studi Islam Darussalam
Pendidikan
adalah upaya sengaja untuk membantu pertumbuahan dan perkembangan peserta
didik. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik diusahakan agar holistik
integatif baik dalam artian pribadi maupun dalam kaitannya dengan lingkungan.
Dengan kata lain, pendidikan mencegah adanya reduksianisme.
Dewasa ini
diperlukan adanya konseptualisasi pendidikan sesuai tuntutan keadaan. Selain
dapat diamati tentang masyarakat indonesia yang berada pada transisi,
juga perlu ada upaya pemahaman terhadap globalisai yang semakin nyata
pengaruhnya
Menulis sesuatu
yang berkenaan dengan pendidikan agama disaat banyak anggota masyarakat yang
sedang mengalami degradasi moral tidaklah mudah. Pertama, apresiasi masyarakat,
termasuk kaum intelektualnya kepada pendidikan agama semakin menurun. Namun
penulis terlihat cukup optimis meningkatkannya tatkala melihat kehidupan
keberagamaan bangsa indonesia masih sangat kuat untuk mengembalikan keluhuran
moral bangsa dengan pendidikan agama, Pesantren, madrasah, dan perguruan tinggi agama islam sedang
memasuki milenium ketiga, dimana lembaga-lembaga tersebut beranjak memperbaiki
berbagai kelemahan dengan memperkaya kurikulum bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Beberapa hal yang
sering dinilai oleh para pengamat pendidikan dan dirasakan masyarakat untuk
diperbaiki dalam pelaksanaan PAI ialah rendahnya kualitas guru, rendahnya
kualitas buku pegangan guru dan murid, gaji guru yang rendah, lemahnya wibawa
guru agama dibandingkan guru-guru mata pelajaran umum dan sejumlah kritik lain.
…..ini
menguraikan perkembangan serta proses transformasi pendidikan islam dari lembaga tradisional ke
lembaga pendidikan modern. Dalam proses tersebut pemrintah cukup berperan,
bukan karena tekanan politik, melainkan kuatnya inisiatip masyarakat islam
untuk memperoleh dukungan.
….perubahan
pendidikan islam tidak bersifat tambal sulam sesuai keinginan dan kebutuhan
sementara. Perubahan tersebut merupakan upaya strategis, terencana, dan
menyeluruh untuk membangun pendidikan yang relevan dan bermutu.
Perumusan filosofi dan teori yang lengkap
diperlukan untuk menyeimbangkan antara pendidikan di satu sisi dan dinamika
perubahan masyarkat di sisi lainnya.
Buku terkesan
lebih variatif, karena penulis berusaha mengelaborasi berbagai aspek pendidikan
mulai dari landasan filosofis pendidikan islam sampai pada tataran stategi
pembelajaran dalam upaya untuk …. . berbagai kelemahan dan keunggulan berbagai
konsep dihadirkan oleh penulis dan menawarkan alternatif yang kiranya lebih
baik dengan menyertakan argumen-argumen yang didukung data dan referensi yang
panjang dan lengkap.
Pesatnya
perkembangan pendidikan baik dalam lingkungan kelembagaan yang ditengarai
berbagai model dan keunggulannya, maupun dalam lingkup politik dengan berbagai
aturan perundangannya, kesemuanya berdalih mencari format dan alternatif yang
paling tepat dalam menerapkan konsep pendidikan. Di tengah-tengah perkembangan
pendidikan di Indonesia
tersebut, tulisan Dr Muhaimin, M.A. ini setidaknya dapat menjadi payung pewarna
dalam mengembangkan dan menerapkan pembaruan pendidikan islam di Indonesia .
Selain itu dapat diakui pula, buku ini setidaknya juga memberikan makna penting
akan penerapan total quality management dalam usaha peningkatan kualitas
pendidikan islam secara terus menerus. Buku ini terbilang sangat relevan dengan
usaha-usaha meningkatkan kualitas pendidikan islam, terutama dalam era otonomi
daerah dan otonomi kampus.
1.
Pengembangan pemikiran
filosofis pendidikan islam
Kontroversi….tokoh…semua
bicara pusing…harus jeli..kalo enggak bakal jelimet
Aliran-aliran..kelebihan
dan kekurangan dihadirkan dan makna yang menurut penulis cocok atau pun
tidak….tabel-tabel
2.
Pengembangan pemikiran
pendidikan islam di indonesia
Filsafat
dihilangkan…ditambahkan kata “indonesia ”
Sejarah periode
perjalanan..para pelaku sejarah..corak pengembangan pendidikan islam yang
sangat bervariasi pada masa sebelum indonesia merdeka.
Sejarah sistem
pengajaran nasional…dikotomi….islamisasi pengetahuan dalam pro dan kontra…problem kualitas
pendidikan agama islam di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi umum
….pendidikan islam yang ada merupakan duplikasi terhadap pendidikan di
negara-negara barat sekuler yang banyak mereka cela..(mereka mencerca
pendidikan barat tapi juga mencuri-curi..)…menunjukkan
kecenderungan-kecenderungan pola kajian pemikiran dan teori kependidikan islam
di indonesia….dari sini dapat kita pahami bahwa diskursus tentang pengembangan
pendidikan islam yang menjadi perhatian para pengembang dan pemikirnya, baik
yang menyangkut dikotomi ilmu pengetahuan, hingga munculnya permasalahan
islamisasi pengetahuan, masalah kualitas pendidikan agama islam di sekolah atau
perguruan tinggi umum, upaya membangun pendidikan islam, maupun beberapa
karya-karya pendidikan islam yang sebagiannya mengandung unsur pemikiran
filsafat pendidikan islam, agaknya semakin memperkaya khazanah pemikiran
tentang pengembangan pendidikan islam di indonesia, dan sekaligus akan lebih
mendukung dan semakin mempertajam serta memperkokoh eksistensi bangunan
pendidikan islam sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Tipologi…data-data..tiap
tokoh seakan didudukan diatas meja hijau dengan segala rincian pemikirannya…untuk
kedepannya diperlukan paradigma baru pengembangan pendidikan islam yang tidak
larut ke dalam sistem yang ada, juga perlunya karakteristik….yang cocok itu
tipologi rekonstruksi sosial yang dikembangkan ke arah teosentris…
3.
Orientasi pengembangan
pendidikan islam
Imtaq…pendidikan…manusia
dan dua kutub…tau’iyah diniyah untuk para guru agama….beragama yang toleran: indonesia
bangsa yang majemuk, soleh pribadi dan soleh sosial.
4.
Pengembangan madrasah
sebagai lembaga pendidikan islam
Madrasah ????....seputar
kaum simbolik..makna subtansial..inilah yang patut disadari bahwa ketika kita
memahami perbedaan antara madrasah dan non madrasah hanya menekankan dimensi
simboliknya sebagaimana diuraikan oleh penulis, maka akan terjerembab pada
pemahaman eksoterik….segala permasalahan struktur logis suatu madrasa, akan
dikupas dalam konteks keislaman dan keindonesiaan….guru ideal merupakan proyek
tiap IAIN/STAIN…hakikat masyarakat belajar yang diaplikasikan ke dalam madrasah
…menjadi guru madrasah yang profesional
5.
Pengembangan guru dalam
pendidikan islam
Pelatihan
profesionalisme guru…..Definisi guru dan (lucu tapi nda’ papa)…transfer ilmu,
bukannya internalisasi dan amaliah….guru yang ideal menurut penulis…jihad dan
transformasi sosial terhadap guru pendidikan agama islam..
6.
Pengembangan perguruan
tinggi agama islam
Rincian dan penjelasan
mengenai Empat landasan pembukaan progam studi umum di IAIN /STAIN…….pentingnya
reorientasi pengembangan kurikulum di IAIN /STAIN …..
7.
Pengembangan model
pendekatan dalam pembelajaran pendidikan agama islam
Suatu pemaparan
bagaimana cara pendidik memproses anak didik melalui kegiatan bimbingan,
latihan dan pengajaran keagamaan, termasuk didalamnya mengarahkan , mendorong
dan memberi semangat kepada anak agar taat dan mempunyai cita rasa beragama
islam untuk mencapi tujuan pendidikan pada anak di TKA/ TPQ….psikologi agama
(anak) …….sosial agama sebagai kendala dan strategi pembelajaran.urgensi TPQ…
Post a Comment