6 Cara Membangun Karakter Bangsa



Miris, melihat kehidupan bangsa yang carut-marut saat ini. Berbagai macam masalah yang hanya didasari masalah “pribadi” menjadi besar diperbincangkan di segala sudut negeri ini.
Melihat berbagai macam masalah yang terjadi akhir-akhir ini, mulai dari elit-elit bangsan hingga anak-anak penerus bangsa. Permasalahan elit bangsa yang sedang booming  diperbincangkan -misalnya- KPK dan Polri yang sedang berseteru keras hingga saat ini, entah siapa yang benar dan salah, entah apa yang diinginkan dengan permasalahan ini, msalah pribadi atau politik? Ini smeua menjadi pertanyaan bagi masyarakat. Hanya satu kalimat yang dapat masyarakat katakan saat ini “Kebenaran Pasti akan Menang”.
Belum lagi persoalan yang terjadi pada anak-anak penerus bangsa, sangat miris melihat keadaan pendidikan negeri ini. Buku-buku yang beredar saat ini tidak lagi dapat terkontrol dengan baik, bahkan ada buku yang  menjelaskan bagaimana berpacaran dengan baik, ini semua hanya akan merusak kehidupan mereka. Siswa yang diharapkan menjadi penerus bangsa, kini sudah tidak dapt lagi diharapkan kerusakan pada bidang Moral,Akhlak, Etika sudah tersebar luas dalam kehidupan mereka, ini semua dapat kita rasakan saat ini, mulai dari tawuran yang berujung kematian, kebebasan Seks, minum-minuman beralkohol, bahkan menjual nyawanya dengan trek-trekan sepeda motor.
Persoalan-persoalan ini didasari oleh bobroknya Akhlak, Moral, Etika bangsa ini, dan sudah menghilang dari kehidupan. Lantas bagaimana mungkin Indonesia menjadi macan asia yang selalu diharapkan sejak nenek moyang dahulu. Maka, ada 6 perkara yang harus diperhatikan untuk membangun karakter bangsa, apakah 6 cara tersebut?
6 cara yang dikutip dari jurnal ‘At-Ta’dib’ volume 8, N0, 1 Juni 2013, adalah sebagai berikut;
1.      Penghormatan

Rasulullah SAW bersabda:
“Seorang muslim yang sebnarnya adalah apabila orang muslim lainnya selamat darinya kehormatannya, lisannya, dan hartanya.”
Penghormatan merupakan perilaku yhang biasa dilakukan kepada orang lain yang tingkat kedekatannya dengan kita berbeda. Maksud dari penghormatan ini bukan hanya sekedar penghormatan saja, contoh ain dari penghormatan adalah; Toleransi, Penerimaan, dsb.
2.      Tanggung Jawab

Bertanggung jawab merupakan perilaku baik yang harus dimiliki setiap orang, karena dengan memiliki rasa bertanggung jawab melatih kita untuk mengenali apa yang kita lakukan dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.
3.      Kesadaran dan Sikap Berwarga-negara

Kesadaran diri berwarganegara juga akan menetukan karakter bangsa, maka setiap insan yang di negeri tersebut haruslah memiliki kesadaran diri tinggi dan sikap yang bijak untuk berwarga-negara dengan baik.
4.      Keadilan

Pramoedya Ananta Tour berkata; seorang terpelajar haruslah berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi perbuatan. Maka, perilaku Adil merupakan kewajiban moral bagi setiap orang.
5.      Peduli

Kepedulian terhadap sesame merupakn perilaku yang akanmenghantarkan kita untuk dapat memahami keadaan seseorang yang jauh di bawah kita ekonominya, kehidupannya, dsb.
6.      Kepercayaan

Dalam bahasa lain yang lebih mudah adalah konsisten dalam pikiran, kata-kata, dan perbuatan, tidak berwajah ganda, juga karakter kejujuran, menepati janji, dan kesetiaan. Dengan hal itu semua kepercayaan akan terbangun.
Dengan 6 cara di atas tersebut maka karakter bangsa akan terbangun, ini smeua bergantung kepada masyarakat yang hidup didalam negeri ini. Jika semua yang dimiliki mereka, maka negeri ini akan menjadi Macan Asia yang diharapkan dan akan menjadi negeri yang aman dan tentram. Amin yaa Rabbal 'Alamin...

Related

Artikel Q 7269936853199342215

Post a Comment

Twitter Facebook

Recent

Comments

HIJRIAH




JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat

FOLLOWERS

Contact Us

Name

Email *

Message *

item