SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

Salam Ukhiwah Islamiyah untuk Semua, Semoga Allah senantiasa selalu memberikan kita karunia-Nya. Amin.
Sejarah” dalam  istilah bahasa arab banyak disebut dengan kata “Tarih” yang menurut bahasa bermakna ketentuan masa, dalam kamus praktis bahasa Indonesia adalah suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Atau dalam istilah bahasa inggris sering disebut dengan kalimat “history” yang bermakna pengalaman masa lampau umat manusia “The past experience of mankind”. Itulah makna sejarah secara bahasa dan istilah dalam tiga bahasa dengan kesimpulan bahwa sejarah adalah sesuatu peristiwa atau kejadian dan pengalaman pada masa tertentu (masa lampau).
Maka sejarah pendidikan islam membahasa tentag awal mula munculnya pendidikan islam dan perkembangannya dari asalnya hingga saat sekarang ini.

Pada hakikatnya sejarah pendidikan islam tidak dapat diputuskan dari sejarah agama islam, karena semua pembahasan akan membahas tentang siapa encetus, dan siapa yang mengembangan pendidkan islam. Dengan itu, Dr. Harun Nasution membagi periodisasi sejarah pendidikan islam mejadi lima, sebagaimana yang ditulis oleh Dra. Zuhairi, Dkk dalam bukunya Sejarah Pendidikan Islam bahwa periodisasi sejarah pendidikan islam adalah:
1.      Masa Hidupnya Rasulullah, SAW
2.      Masa Khalifah yang empat (Khulfaur Rasyidin) Abu Bakar ra., Umar bin Khattab ra., Usman bin Affan ra., dan Ali bin Abi Thalib ra.
3.      Masa kekuasaan umawiyah
4.      Masa kekuasaan Abasiyah
5.      Masa jatuhnya kekuasaan khilafah sampai sekarang.
Pada hakikatnya pendidikan islam telah dimulai daari awal mula diciptakannya manusia di alam semesta ini, Nabi Adam As yang manusia pertama yang diciptakan oleh Allah telah merintis tonggak budaya dalam dunia tarbiyah, ta’lim atau ta’dib langsung dengan petunjuk Allah. Sebgaimana firman Allah dalam Alqur’an (lihat surat Al-baqarah ayat; 30-32). Dan banyak lagi rasul-rasul Allah yang merintis setelah nabi Adam As langsung denga  petunjuk Allah.
Dalam masa perintisannya sampailah pada zaman Rasulullah SAW yang memulai pendidikan islam kepada umatnya. Di Makkah beliau mengajarkan tentang pendidikan tauhid, dalam teori dan praktek, di Madinnah beliau memulai dengan pembentukan dan pembinaan masyarakt baru, menuju satu kesatuan social dan politik, dan lain sebagainya (lihat; Sejarah Pendidikan Islam karya Dra. Zuhairini, Dkk).
Perkembangan demi perkembangan terjadi hingga masuknya pendidikan Islam di Indonesia ini, maka dengan sedikit pemaparan diatas, saya berharap kepada Islam Digest untuk sudi kiranya membahas secara singkat sejarah pendidikan Islam di Indonesia, dimulai dari fase masuknya pendidikan Islam di Indonesia hingga perkembangannya di Indonesia sampai saat ini.

Muhamad Mahpudin, Mahasiswa ISID Gontor.

Alhamdulillah Tulisan ini Sudah bisa terbit di Koran Republika.

Related

Artikel Q 6149548076102080139

Post a Comment

Twitter Facebook

Recent

Comments

HIJRIAH




JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat

FOLLOWERS

Contact Us

Name

Email *

Message *

item